Perbedaan Generasi Komputer 1 sampai 5

       Dulu komputer diciptakan hanya sebagai alat untuk mempermudah dalam penghitungan atau lebih mudahnya sebagai mesin hitung matematika. 

Tetapi seiring dengan perkembangan zaman komputer ini terus berevolusi menjadi mesin serba guna khususnya pada bidang industri dan penelitian.



Perbedaan Generasi Komputer 1 sampai 5
Generasi Komputer Pertama

  

   Komputer generasi pertama mempunyai komponen2 yang terbuat dari tabung hampa (vacuum tubes) sehingga ukuran nya sangat besar.


Generasi Komputer ke Dua 

   Komputer generasi kedua ini di tandai dengan penggunaan transistor sebagai komponen elektroniknya sehingga ukuran komputer menjadi lebih kecil,prosesnya cepat,dan biaya nya lebih hemat.


Generasi Komputer ke Tiga
   Komputer generasi ketiga ini,komputer telah menggunakan IC (Integrated Circuit) dan menggunakan komponen yang lebih praktis dan lebih baik.


Generasi Komputer ke Empat
   Komputer generasi keempat ini,komputer sudah di lengkapi dengan teknologi LSI (Large Scale Integration) yang mampu menyatukan ratusan komponen dalam sebuah chip.


Generasi Komputer ke Lima    

   Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001:Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer.


Komentar

Postingan Populer